Perlahan Nederlands Dihati oleh Faisal haqi hidayatullah #InspirationalStory

Perlahan Nederlands Dihati

oleh Faisal haqi hidayatullah

Mahasiswa Program Studi Sastra Belanda 2013

        Aduh dari mana harus memulai ? Perkenalan ? Oke. Nama Faizal Haqi. Jenis kelamin, bisa dilihat dari namanya kok. Asal sekolah, bisa dilihat dari nama juga kok. Wajah, bisa dibayangkan dari namanya juga. Hobi, Mafa/Mifa, warna fav–stop jadi kayak anak SMP alay yang galau tiap malem minggu -apalagi pas hujan-. Oke, dari sini aku mau ceritain nih tentang kisahku menemukan Universitas, dari awal perjuangan sampe euforianya pas keterima. Apa? Gamau baca? Itu ada ikon panah ijo –atau biru kali ya- di pojok kiri atas, klik aja. Ah, bercanda. Kalian harus baca ini. Yang gak baca mandul.

        Sebenarnya berpikir tentang Kuliah, PTN, Passing Grade, Kuota, Undangan, SBM dan lain- lain itu harus udah dimulai sejak dini, sejak masuk SMA, iyakan ? Ya enggaklah, ngapain mikir gituan pas baru aja kterima di SMA, terus kita mau main-mainnya kapan tjoy? Serius amat hidup loe! Tjoy, lu anak SMA, kelas sepuluh, nikmatin dulu dah. Serius. Yaudah kalo udah terlanjur mikir juga gak masalah kok. At least, udah ada ancang-ancang kan. Ambil positifnya aja deh. Sekian intermesonnya.

        Nih, udah mulai masuk sesi cerita nih ya. Yah, aku mikir tentang universitas baru awal kelas 3 sih, pas ada sosialisasi dari guru BK sekolah. Yah maklumlah, nilai juga pas-pasan, prestasi juga seadanya. Aku tau pasti kalian mikir keras banget pas mau nentuin sekolah lanjutan kalian, dan harus juga mikirin orang tua, dan gengsi, dan masa depan, dan pekerjaan, dan apalagi ? Pokoknya banyak kan. Pasti kalian sempet mikir gini –kalo enggak, berarti fix kalian gak mikir apa-apa –

katanya kita bebas menentukan perguruan tinggi,

tapi harus yg akreditasi tinggi, jurusan favorit,aman, dan dekat dengan rumah kerabat

katanya kita bebas mencari pekerjaan,

tapi harus di kantor, berpakaian rapi, dan ada tunjangan pensiun

katanya kita bebas memilih jodoh,

tapi harus orang tua kenal, relasi bisnis, dan saling menguntungkan

katanya kita bebas menentukan pilihan,

selama mengikuti pilihan yang ada.

     (bacanya pake nada iklan ‘3’ ya. Kalo nggak pernah lihat? buka Youtube aja. Kalo pulsa modem abis? isi aja paket yang murah. Kalo g punya modem? ke warnet aja. Kalo gak tau warnet itu apa? Kasian amat hidup loe.)

    Yah kaya gitulah bimbangnya anak SMA kelas 3. Kalian udah merasakan bukan? Bagus. Aku juga merasakan hal yang sama. So, yang dilakuin apa mas? Ya kepoin Twitter mas mbaknya yang udah kuliah dong –cielah bahas twitter, padahal baru aja buatnya-. Serius, twitter penting banget deh untuk kelangsungan hubungan sosial kita. Jadi yang berpikiran sama kayak aku bahwasanya twitter itu apa lah, gak penting lah, fake lah, ribet lah, males lah, ubah pikiran kalian itu. Ubah jadi apa mas? Ya terserah lah, itu hidup-hidup kalian, kenapa aku yg urusin. Becanda kok, ubah pemikirannya sedikit dewasa deh. Kita harus ngikuti perkembangan zaman, tapi jangan sampe terbawa arus perkembangan zaman.

      Jujur sebenernya aku enggak jadiin UI sebagai pilihan pertamaku di Undangan, kalo sekarang sih bahasa resminya jalur SNMPTN. Kenapa ? Ya karna itu pilihan kan. Sebenernya pilhan pertamaku di UNPAD, Fakultas Ilmu Komunikasi. Kenapa milih itu? Karena pemikiran tadi, karena pemikiran pekerjaan. Aku ngeliat lulusan Ilkom UNPAD banyak yang kerja di Transcorp, dan aku pengen kaya gitu. Fix pengen kayak gitu. Jangan tanya kenapa aku pengen, ntar gak diterusin lho ceritanya. Dan banyak faktor juga yang mempengaruhi pemilihan seperti; akreditasi, jarak sama rumah, biaya hidup, kerjanya nanti dimana, besar uang kuliahnya, dan lain-lain termasuk faktor internal kayak interest, gengsi, karena ikutan temen, gak enak sama teman, tetangga, kesukaan, hobi, ataupun lari dari matematika -aku banget-.

      Sebenarnya kalo kasus undangan sih kayanya kasus peperangan terselubung ya. Banyak cerita yang enggak enak dibalik itu semua, tapi cerita yang mengharukan juga enggak sedikit kok. Banyak kontroversi hati dan labil pemikiran –yang gak tau artinya, yaudah lah ya- yang terjadi. Perang dimana kita sendiri enggak tahu kalo lagi perang. Pokoknya lebih serem daripada Perang Dunia II.  See, kalian kudu mikir-mikir bener nih. Satu lagi, kalian harus konsul ke orang yang tepat, malahan orang yang benar-benar tepat, tepatnya lagi ke orang yang kalian anggap benar-benar tepat dan memang orang itu yang paling tepat.

          Jadi karena aku udah srek UNPAD, jadilah pilih itu univ. Dan hasilnya adalah :

gawe essay

     See, udah mikir keras banget. Mempertimbangkan berbagai hal dan cuman dikasi ‘maaf’. Ini ngajak ribut atau gimana? Sebenernya ini tidak termasuk permasalahan besar sih, eh ralat permasalahan ini besar banget. Dunia ini kayaknya udah berhenti gitu pas baca ini. Kayaknya udah gak ada hari esok lagi. Semacem baru pacaran sama cewek yang udah di pdkt-in setahun, jadian sehari, besoknya ceweknya mati ketabrak lin A.

    Beneran ini bikin otak mikir keras gimana caranya lari dari pertanyaan temen yang biasanya gini nih, ‘Eh gimana undangannya ?’ atau gini nih ‘Eh kena pilihan ke berapa ?’ atau gini nih yang paling nyebelin ‘Eh daftar ulangnya tanggal berapa ya ? Kamu kena juga kan undangannya kan ?’ waktu itu yang terpikirkan dua pilihan. (1) Beli rondhe di depan RRI Jember sambil nangis raung-raung di bawah jembatan gladak kembar. Atau (2) nyamperin rumah orang yang tanya aneh-aneh terus bakar rumahnya. Setelah dipikir-pikir pilihan kedua bukannya nganterin ke universitas, malahan nganterin ke pintu taubat. Dan pilihan pertama pun gak jadi nangis raung-raung di bawah gladak kembar karena gak tahu turunnya lewat mana. Jadinya cuman beli rondhe aja di RRI sambil nyari temen seperjuangan –orang-orang yang mimpinya tertunda sementara-.

      Besoknya, enggak kehabisan akal, aku coba lagi buka webnya SNMPTN terus log in lagi –kali aja tulisannya berubah dari Maaf jadi Selamat!-. Dan hasilnya masih sama. Aku coba lagi disconnect in modem, sapa tau enggak kereload atau refresh dari yang kemaren. Dan hasilnya masih sama. Nyoba cara yang berbeda kali ini. Aku cobak restart komputer, sapa tahu penyebabnya kesalahan pas booting komputer. Dan hasilnya masih juga sama. Berpikir positif aja, aku coba cara lain lagi, pergi ke warnet terus buka di komputer warnet, sapa tau laptopku kena virus jadi koneksi internetnya engga jalan. Dan hasilnya masih juga tetap sama. Aku frustasi.

       Terima kenyataan, aku nyerah udah tentang Undangan ini. Mungkin harus jadi orang yang harus sedikit berusaha ekstra untuk menggenggam mimpinya. Mau enggak mau, suka enggak suka, kenyataannya aku udah menelan pahitnya kegagalan, meski aku enggak tahu penyebab pastinya kegagalan ini apa, atau masihkah ini bisa di sebut kegagalan mengingat aku sama sekali enggak berusaha untuk mencapainya. Seenggaknya usahanya minim mengingat kriteria dan hasil komulatif penilaiannya tidak dipublikasikan. Karena, yah namanya juga di’undang’.

     Hal pertama yang aku lakuin tentu aja daftar jalur selanjutnya yang bisa nganterin menuju mimpiku yang sempet tertunda. Ya, dia juga merupakan harapanku, SBMPTN, atau familiar di sebut jalur tulis. Ngikutin seluruh rangkaian pendaftaran sampe persiapan amunisi untuk peperangan selanjutnya yang aku lakuin. Bersama kawan yang senasib sepenanggungan hadapi perang selanjutnya. Mungkin kawan-kawan yang lolos ke level pendidikan selanjutnya lagi daftar ulang atau ngikutin rangkaian kegiatan mahasiswa baru, sedangkan kami ‘Pejuang SBM’ masih harus menghadapi rivalitas dari seluruh Indonesia. Itu kenyataannya, dan kami enggak bisa ngerubah. Jujur aku iri, sangat. Mereka bisa tidur nyenyak –beberapa mungkin enggak- karena tanggungan cita-cita mereka udah naik satu tingkat. Sedangkan aku, kami tepatnya, masih harus di tingkat ini.

     Tentang pemilihan kuliah di SBMPTN, tentu aja pemikirannya beda lagi sama pas SNMPTN. Kebanyakan dari mereka, milih perguruan tinggi yang termasuk safe zone. Aku enggak nyalahin mereka sih, itu hak mereka, cuman banyak ungkapan-ungkapan -atau sekarang biasa disebut quotes- bermunculan. Contohnya, Kenapa harus nyerah soal mimpi yang tertunda, gantungkan mimpimu setinggi-tingginya. Contoh lain lagi, Janganlah berekspektasi menjangkau langit, kalau anda tidak mempunyai pikiran untuk melompat dan mencoba meraihnya. Atau yang lebih simpel lagi; Berkacalah pada pengalaman, karena pengalaman tidak bisa menipumu. Atau ini nih yang epic banget, legendaris abis; Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Tapi aku sih masih stay sama mimpiku sebelumnya karena aku masih belum bisa memimpikan yang lebih baik. Tetap pada pilihan yang sama seperti SNMPTN. Dan hasilnya adalah, jreng..jreng..jreng..

fail2

      Oh, ini…… what the #@#%$#@$%$#@#!%$#@$3 <sensor>. Sekarang, aku tahu mimpi kadang emang bunga tidur, hanya bunga tidur, dan akan layu ketika kita terbangun. Sekali lagi, kenyataan memang menyakitkan. Semacem kita mau pesta barbeque di luar, udah beli bahan sama alat-alatnhya, dan ternyata hujan. Jatuh di lubang yang sama. Fail banget. Tapi rasanya enggak se shock pas Undangan, sudah terbiasa kali ya. Atau emang ekspektasiku dan usahaku kurang keras. Nyesal ? Pasti. Marah ? Iya. Sedih ? Tentu. Lompat dari kantor Pemda ? Ya enggaklah goblok.

       Sebelumnya sih, tepatnya sebelum pengumuman ini, aku udah ngikutin banyak jalur seleksi masuk kayak SIMAK UI ataupun UM UGM. Karna semakin banyak kita nyoba seleksi itu, semakin kita bisa ngukur kemampuan diri. Meski jujur, salah satu  alasannya tentu ‘yang penting dapat Univ dulu, yang penting gak nganggur’. Dan dari sini ceritanya udah bisa di tebak sih;

 iki gawe essay pisan

            Kalo diumpamakan baru ditembak cewek nih, ini yang nembak Julie Estelle atau Asmirandah. PEECAAAHHH ! EPIC ! Ini rasanya diterima di Universitas dimana anda tidak perlu ragu lagi. Universitas dimana namanya merupakan nama negara ini. Asli coy, ini pertama kalinya kalo ditanyain pake Question of Lifenya Dedy Corbuzier antara milih diterima sama Gita Gutawa atau diterima di UI, pasti cuman butuh sedetik buat jawab diterima di UI. Intinya, aku enggak butuh alasan atau pemikiran-pemikiran lain untuk nolak kesempatan besar ini.

       Dan inilah awalnya, pertemuan dengan orang-orang mereka menyebut dirinya Gamabeta UI, kesan pertama terlihat biasa aja, yah seperti kakak tingkat kebanyakan. Tapi itulah sesat pikir -?- yang saya lakukan pertama kali. Mereka berbeda, mereka…. ah sial, susah diungkapkan dengan kata-kata, super duper epic. Kalian pikir sekolah di UI murah ? Kalian enggap biaya hidup di UI murah ? dan kalian merasa kalian bisa aman tinggal di UI ? YAIYALAH ! Ngapain pikiran-pikiran buruk kau pelihara nak ? Gak ada satupun hal yang bisa kalian takutkan di UI. Dari hal-hal sepele hingga hal-hal yang gede. Just a simple like that. Kasih aku alasan-alasan kalian gak mau sekolah di sini, akan kucoba mentahkan satu per satu. Fix, kalian kudu kuliah di UI.

            Pikirin lagi deh, ngapain kalian harus ragu milih UI coy. Udah ada Gamabeta disini, bukan sebuah organisasi, tapi sebuah keluarga. Enggak terikat oleh heirarki, tapi ikatan tak kasat mata yang menghubungkan dari hati ke hati. Bedanya dengan paguyuban lain ? Tentu aja beda lah. Dari namanya aja udah Keluarga, bukan ditekankan di paguyubannya. Ngapain harus ragu? Pikirin deh pakek otak yang bersih, jangan mikir pas lagi nonton film nggak genah.

       Dan yang paling EPIC disini bahasanya coy. Dan pergaulannya kalo di tambahin. Dari segi bahasa aja kita udah berbeda, sangat. Kaidah-kaidah yang biasanya kita pake di kampung halaman jadi beda banget sama disini. Dan pergaulannya, lu mau bilang anak rantau ? tapi tiap weekend atau paling enggak sebulan sekali pulang ke Jember. Lu anak rantau apaan coba ? Menurutku, yang namanya rantau itu bener-bener jauh dari kampung halaman, yang enggak gitu aja pulang ke rumah seenak jidat. Yang ketika pulang ke rumah nanti, rasa haru, rindu, kangen, campur aduk jadi satu dan tidak terlukiskan. Ketika pulang nanti membawa kebanggaan dari tanah rantauan. Itu sumpah kece abis men. Balik ke pergaulan, pergaulannya tidak seekstrim yang kalian pikir men. Sama kayak kalian mikir UN horor banget, ancaman gak lulus menghantui, jadi di forsir belajarnya. Pas kalian mau UN, biasa aja kan. Sama kayak gitu rasanya, misalnya nih, kalian nonjok orang di Jember, pasti di juga bales nonjok kalian. Disinipun sama gitu, kalian nonjok orang pasti bales ditonjok juga. Sama, toh sama-sama manusia kan ? Terus yang kalian takutin apa ? Ketakutan yang tidak beralasan. Kalo masi takut, pikiran kalian masih kolot dan kalian masih gak siap kuliah.

        Tuh udah aku jelasin dari gimana perjuangan dapetin perguruan tinggi, ampe alasan-alasan kalian kudu fix milih UI serta Keluarga kedua kalian nantinya disana. Kalo aku bilang sih ini gak terlalu inspirational story, karena ya gitu dah. Biasa. Mainstream. Gak kreatif. Dan lain-lain. Kalo kalian mau cari kisah inspirasi from zero to hero. Ya kalian cari di internet deh banyak tuh pengusaha-pengusaha. But, aku bersyukur kalo ada yang terinspirasi baca tulisanku. Yah, kalo dilogika sih kalau kalian terinspirasi dari cerita orang goblok kayak saya, itu artinya kalian lebih……….. pikirin sendiri deh. Salam. Faizal Haqi, orang bodoh yang mikir bakal bisa ngewujudin impiannya, katanya sih pemimpi sejati.

 ui

Img. GAMABETA Angkatan 2013 di depan gedung kekuasan tertinggi Rektorat

(Saya urutan kedua dari kiri)

Selamat Berjuang dan Selamat datang para Pejuang Muda Bangsa di UNIVERSITAS PERJUANGAN. UNIVERSITAS INDONESIA.

Leave a comment