Universitas

Pengantar

         Dengan luas mencapai 300 hektar ditambah keberadaan 6 danau menjadikan kampus UI kampus yang terintegrasi (integrated). Selain kampus Depok, UI juga memiliki sarana belajar-mengajar di Salemba. Luasnya lahan kampus memungkinkan UI untuk membangun segenap fasilitas dari fasilitas belajar-mengajar sampai fasilitas umum dan pendukung. Aksesibilitas di kampus UI membutuhkan informasi lengkap dan terperinci untuk menjamin kemudahan bagi setiap orang untuk datang, berkunjung, dan tinggal di lingkungan kampus.

Penyediaan informasi lengkap dan menyeluruh tentang dua lokasi kampus UI dan bagaimana mengaksesnya merupakan salah satu hal penting untuk menjadikan UI sebagai kampus yang terbuka dan ramah bagi semua orang. Hal ini akan sangat membantu bagi semua pihak untuk mengidentifikasi dan mengunjungi semua sarana dan prasarana yang terdapat di dalam kampus UI. Oleh karena itu, informasi tentang arah dan posisi kampus Depok dan Salemba yang tertuang dalam Peta Kampus menjadi suatu kebutuhan. Selain itu juga, informasi mengenai jumlah program studi dan fasilitasnya membutuhkan peta kampus yang komprehensif. Dalam bagian ini akan disajikan juga bagaimana mengakses UI dari berbagai posisi penting, mulai dari bandara, pusat kota Jakarta sampai petunjuk jalan yang harus dilalui.

                                                    Gedung Pusat Studi Jepang                                                     Aktivitas Mahasiswa Seni

Green Campus

Perkembangan global dewasa ini membawa indikasi bahwa masa depan dunia berada pada bayang-bayang suramnya lingkungan hidup. Pemanasan global adalah refleksi dari perkembangan teknologi yang tidak sinkron dengan kepedulian manusia terhadap lingkungan hidup pada tataran moral dan etika. Untuk mengantisipasi hal tersebut, UI memiliki obsesi untuk menciptakan lingkungan kampus yang hijau atau green campus. Sebagai institusi pendidikan dengan perspektif world class university, UI mempunyai modal simbolik berupa pengetahuan dan alokasi dana untuk menjadi significant others bagi lingkungan di sekitarnya. Ekosistem di UI yang asri dan hijau adalah wujud nyata dari kepedulian UI terhadap lingkungan hidup. Usaha ini tentunya banyak didukung oleh para pemerhati lingkungan dan sivitas akademika UI.

Berdasarkan alokasi Rencana Tata Ruang Kawasan Kampus, terdapat empat komponen ekosistem di lingkungan Kampus UI Depok, yaitu:

  • Bangunan fisik gedung dan penyangga hijauan lansekap 170 ha.
  • Ekosistem Perairan 30 ha.
  • Kawasan Hutan Kota 100 ha dan
  • Sarana prasarana penunjang termasuk penyangga lingkungan 12 ha.

Kawasan Hutan Kota yang dikelola UI mencirikan ekosistem hutan tropis dengan tiga bentuk ekosistem unggulan yaitu:

  • Ekosistem pepohonan yang bersumber dari Indonesia Bagian Timur,
  • Ekosistem pepohonan wilayah Indonesia Bagian Barat
  • Komplek vegetasi asli JABODETABEK yang dipadu serasi dengan zoning Hutan Jati Mas yang tumbuh hijau menghampar diantara gedung Rektorat UI dan FASILKOM serta FISIP UI.

Selain Kawasan Hutan Kota yang asri dan nyaman, di Kampus UI Depok juga terdapat danau yang berfungsi untuk daerah resapan air . Terdapat 6 danau di Kampus UI Depok, antara lain:

Danau Kenanga
Lokasi diantara Gedung Rektorat Balairung dan Masjid UI, dibangun tahun 1992 dengan luas 28.000 M2.

Danau Aghatis
Lokasi diantara FMIPA dan Politeknik Negeri Jakarta dibangun tahun 1995 dengan luas 20.000 M2

Danau Mahoni
Lokasi terletak disebelah Utarda dan Selatan Kampus dibatasi oleh jalan utama lingkar selatan (Sebelah timur FIB & PSI, sebelah Barat FE) dan dibangun pada tahun 1996 dengan luas 45.000 M2.

Danau Puspa
Lokasi terletak diantara Danau Ulin dan Danau Mahoni, dibangun pada tahun 1995 dengan luas 20.000 M2.

Danau Ulin
Lokasi terletak diantara Danau Puspa dan Danau Salam, dibangun pada tahun 1998 dengan luas 72.000 M2.

Danau Salam
Lokasi bersejajar sesuai aliran dari selatan ke utara sebagai bagian rangkaian Danau Ulin dan Danau Puspa, dibangun pada tahun 1998 dengan luas 42.000 M2.                      

Dragon boat race at Salam Lake                          Teksas Bridge (Jembatan Cinta)

Natural way of living your life

Peta Kampus Depok

 

Keterangan:

  • FH : Fakultas Hukum (Faculty of Law)
  • FPsi : Fakultas Psikologi (Faculty of Psychology)
  • FISIP : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Faculty of Sociology and Political Science)
  • FF: Fakultas Fasmasi (Pharmacy Faculty)
  • FIB : Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (Faculty of HUmanities)
  • FASILKOM : Fakultas Ilmu Komputer (Faculty of Computer Science)
  • FE : Fakultas Ekonomi (Faculty of Economics)
  • FT : Fakultas Teknik (Faculty of Engineering)
  • FMIPA : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Faculty of Mathematics and Natural Science)
  • FKM : Fakultas Kesehatan Masyarakat (Faculty of Public Health)
  • FIK : Fakultas Ilmu Keperawatan (Faculty of Nursing)
  • FK : fakultas Kedokteran (Medicine Faculty)
  • FKG: Fakultas kedokteran Gigi (Dentistry Faculty)
  • F.Vok: Fakultas Vokasi/ D3 (Vocational Faculty)

Tour Kampus

Kampus UI terdiri dari Kampus UI Depok di selatan Jakarta seluas 318 hektar dan kampus UI lama di jalan Salemba Raya 4, Jakarta, seluas 93.850 meter persegi. Selain itu juga terdapat kampus di jalan Pegangsaan Timur, Jakarta seluas 7.703 meter persegi.

Ketika memasuki areal kampus Universitas Indonesia, kita akan merasakan lingkungan yang nyaman dan tenang di tengah taman hutan raya yang hijau di Depok, dengan lingkungan yang menstimulasi semua untuk belajar dan berkembang.


Kampus Depok

Depok berada di selatan Jakarta. Banyak fakultas yang berlokasi di area kampus Depok.

Dengan mobil:
Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Jakarta melalui jalan biasa atau sekitar 30 menit jika melalui jalan tol. Dari bandara Internasional Sukarno Hatta – Jakarta, perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar satu setengah hingga dua jam melalui jalan tol. Perjalanan dengan menggunakan taksi dari bandara akan menghabiskan biaya sekitar Rp. 180.000,-. Sediakanlah uang tol untuk supir taksi sekitar Rp. 20.000,-. Setelah melewati semua gerbang tol, supir taksi akan memberikan kembaliannya.

Dengan kereta:
Untuk mencapai kampus Depok dengan menggunakan kereta, pilih jalur kereta regular Depok/Bogor (jalur Jabodetabek, yang menghubungkan Kota dan Bogor). Silakan turun di stasiun UI atau Pondok Cina. Setiap titik di kampus Depok bisa diakses dengan menggunakan Bis Kuning, yang disediakan secara gratis. Tunggulah di halte bis jika anda ingin menaiki bis kuning atau gunakan “ojek” jika anda sedang terburu-buru. Tarif ojek berkisar dari mulai Rp. 2.000,-, tergantung dari jarak yang di tempuh.

Kampus Salemba
Kampus Salemba terletak di Jalan Salemba 4, Jakarta Pusat. Lokasi kampus berdekatan dengan rumah sakit tertua yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, yang saat ini juga berfungsi sebagai rumah sakit pembelajaran UI.

Dengan mobil:
Dari bandara Internasional Jakarta, biasanya perjalanan menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan melalui jalan tol.

Dengan kereta:
Gunakan kereta jalur regular dari stasiun Cikini. Kampus ini berada cukup dekat, namun sedikit terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Gunakan bis dengan nomor 502 dan bayarlah sebesar Rp. 2.000,-, berhentilah di perempatan lampu merah Salemba (sebaiknya anda memgingatkan kondekturnya) atau anda bisa menggunakan bajaj dan bayarlah sebesar Rp. 3.000,-.

Untuk Mengetahui UI lebih jauh yuk Download Buku Panduan UI DISINI !!!

Leave a comment